© Copyright reserved

Ketahui Ke..

Date: 08 May, 2019

Ketahui Kelebihan Serta Kekurangan Android dan iOS

Sejatinya tidak ada satu pun Sistem Operasi mobile yang dapat kita sebutkan paling unggul. Pasalnya, semua Sistem Operasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tentu saja hal ini tidak bisa kita banding-bandingkan dengan Sistem Operasi mobile yang lain.

Rasanya banyak sekali Sistem Operasi mobile yang diciptakan berbagai pihak industri teknologi. Namun, diantara hal tersebut ada dua Sistem Operasi yang sangat populer di era sekarang, dua Sistem Operasi itu yakni adalah Google Android dan iOS Apple.

Selain mempunyai kelebihan masing-masing, pastinya dua Sistem Operasi itu juga memiliki berbagai kekurangan masing-masing. Dan, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Android dan iOS.

Kelebihan Sistem Operasi Android

1. Pilihan Harga Bervariasi

Android merupakan Sistem Operasi mobile berbasis open source, yang bisa diadopsi oleh siapa pun dan oleh produsen ponsel mana pun. Oleh karena itu, ada banyak sekali pilihan perangkat mobile Android yang bisa anda beli. Tentunya pilihan harga dari setiap ponsel tersebut juga sangat beragam.

Berbagai perusahaan ponsel seperti Asus, LG, HTC, Sony, Samsung, dan yang lain adalah beberapa contoh produsen-produsen teknologi yang menawarkan ponsel berbasis Android. Seperti yang sudah disebutkan bahwa mereka juga menawarkan berbagai harga dan selera.

Oleh sebab itu, harga ponsel android ini beragam yang mana menjadi salah satu keuntungan mengapa anda harus memilih ponsel Android.

2. Tampilan Lebih Beragam

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa Android dirancang untuk disesuaikan. Oleh sebab itu, tidak heran jika ponsel Android ini mempunyai banyak sekali tampilan yang beragam apabila dibandingkan dengan IOS.

Untuk dapat mengubah tamPilan Android juga sangat mudah sekali, anda cukup membuka aplikasi Google Play Store dan menginstal aplikasi Launcher. Maka tampilan ponsel Android anda sudah bisa diubah dengan sesuka hati. Bahkan, dengan Laucher anda juga bisa membuat ponsel Android anda mirip dengan IOS atau Windows Phone.

3. Pilihan Kapasitas Baterai Beragam

Karena perangkat ponselnya beragam, kapasitas baterai ponsel Android juga lebih beragam jikalau dibandingkan dengan ponsel berbasis IOS. Ponsel Android juga biasanya tahan lebih lama. Namun, hal ini tentunya masih bergantung terhadap kapasitas baterai itu sendiri.

Bahkan, baru-baru ini Google Project Volta telah melakukan banyak upaya untuk dapat membuat perangkat Android hidup lebih lama tanpa harus bergantung pada upaya individu produsen ponsel.

4. Multitasking

Multi Windows adalah fitur yang paling menonjol di ponsel Galaxy Note dan berkisar dari Samsung. Selain itu, Multi Windows atau multitasking juga memungkinkan anda untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus. Misalnya, anda dapat menonton video sekaligus menanggapi email atau browsing disaat bersamaan.

5. Didukung Penyimpanan Tambahan (Micro SD)

Kebanyakan ponsel Android sudah dibekali dukungan penyimpanan tambahan, yaitu memori atau micro SD. Yang pastinya memungkinkan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan perangkat ponsel Android milik anda.

Kekurangan Sistem Operasi Android

1. ART Membutuhkan Banyak Ruang

Salah satu aplikasi realtime bawaan sistem Android adalah ART (Android Run Time), yang sangat banyak mengkonsumsi ruang untuk setiap aplikasnyai. Hal ini tentu sangat merugikan anda terlebih kepada perangkat ponsel Android yang memiliki spesifikasi lebih rendah dengan kurangnya penyimpanan, maka perangkat tersebut akan kehabisan ruang dengan cepat ketika berhadapan dengan aplikasi yang satu ini.

Maka demikian, inilah salah satu kekurangan ponsel Android yang sangat terlihat jelas.

Kelebihan Sistem Operasi IOS

1. Dapat Membackup dan Restore Dengan Cepat

Salah satu kelebihan perangkat iOS dalam hal ini yakni adalah ketika anda berpindah ke perangkat iOS Baru, maka anda dapat dengan mudahnya menginstal cadangan yang anda backup sebelumnya dari iCloud. Dan lebih hebatnya, cadangan tersebut dapat anda restore dan berjalan dalam hitungan menit di ponsel berbasis iOS baru milik anda.

2. Membuka API

Apple mengijinkan setiap pengguna untuk menyesuaikan perangkat ponsel mereka dengan iOS 8 atau iOS 10. Core API dibuka tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih baik terhadap setiap penggunanya.

3. Hubungan iOS Untuk MAC OS X

Apple telah meningkatkan komunikasi iOS dan perangkat MAC OS X dengan update terbaru, yaitu iOS 8 dan Yosemite. Dan hal ini membuat anda dapat membuat dan menerima panggilan dengan perangkat MAC anda. Namun, tentunya hal tersebut apabila perangkat MAC anda terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Selain itu, MAC anda sendiri serta dapat melihat semua iMessages dan menanggapi serta membalas pesan masuk yang ada pada ponsel iOS anda.

4. Konten

Konten yang tersaji di App Store Apple biasanya cenderung lengkap, dan di nomor satukan oleh pihak pengembang. Misalkan saja, Microsoft sewaktu memperkenalkan Office Suite, maka pihak pengembang memilih rilis di iPad iOS terlebih dulu kemudian barulah di Android. Hal ini membuat iOS tidak ketinggalan mengenai konten-konten berharga terbaru.

Kekurangan Sistem Operasi iOS

1. Harga Terlalu Tinggi dan Pilihan Perangkat Terbatas

Tidak seperti Android, iOS bukanlah sebuah Sistem Operasi sumber terbuka (Open Source) yang artinya tidak bisa diadopsi oleh beragam produsen ponsel di dunia. Maka demikian, iOS hanya dimiliki oleh perusahaan Apple bersama seri smartphone-nya Iphone. Tidak heran jika mengenai perangkat sungguh terbatas (tidak beragam). Ditambah harga-harga produk Apple juga terbilang sangat fantastis.

2. Tidak Ada Fitur Multitasking

Berbeda dengan Android yang menawarkan fitur Multitasking dan Multi Windows, Sistem Operasi iOS tidak menawarkan hal itu. Namun, baru-baru ini pihak Apple berencana untuk memperkenalkan fitur yang satu ini di smartphone terbaru mereka.

3. Tidak Tersedia Micro SD

Apple tidak merilis smartphonenya dengan fitur yang menyediakan penambahan penyimpanan fisik seperti Micro SD. Hal ini merupakan salah satu kekurangan iOS yang paling jelas. Oleh sebab itu, jika anda ingin membeli model iOS dengan penyimpanan 16 GB, maka kalian harus membeli model iOS yang mempunyai penyimpanan 16 GB.

Selain itu, jika anda ingin membeli model iOS dengan penyimpanan 32 GB, maka kalian harus membeli model iOS yang mempunyai penyimpanan 32 GB, seperti iPhone 6, 6 Plus, dan lain sebagainya.

4. Baterai

Baterai ponsel Iphone juga cenderung lemah, kalau dibandingkan dengan Android. Hal ini membuat banyak pengguna Iphone selalu mengisi baterainya dengan penuh sebelum bepergian.